Insiden Pasuruan 2008 : A Lesson that has to be learned

Di sebuah daerah di Pasuruan, 21 orang meninggal karena berebut uang zakat Rp 20.000. Korban, yang kebanyakan ibu-ibu, meninggal karena berdesak-desakan di sebuah gang yang menjadi sungguh sempit karena dijejali ratusan bahkan ribuan orang.

Insiden yang kesekian kali ini memperlihatkan betapa lemahnya kita dalam bidang planning. Niat baik, tentu tidak cukup. Di benak kita, seharusnya sudah ada ancang-ancang perencanaan tentang bagaimana event itu terjadi. Berapa orang petugasnya, bagaimana prosedurnya, venue dan monitoring-nya seharusnya menjadi hal-hal yang dipertimbangkan sebelum acara berlangsung. Wong, kalau mau bikin acara ulangtahun buat anak kecil aja harus ada persiapan yang “cukup”, apalagi ini sebuah event yang menghadirkan ribuan orang. Fuih….

Dalam terminologi Sunda, pikiran “kumaha eungke” (gimana nanti) sudah harus dirubah menjadi “eungke kumaha” (nanti itu gimana).

Iklan

4 thoughts on “Insiden Pasuruan 2008 : A Lesson that has to be learned

  1. Halo Pa Bisma
    Keprihatinan yang sangat dalam. karena Nabi Saw mengatakan “hilangnya/lenyapnya dunia tidaklah ada apa-apanya bila dibandingkan dengan berota/kejadian terbunuhnya seorang manusia. smga kita semua mendapatkan pelajaran dari peristiwa ini.

    Amien…terimakasih atas comment-nya yang menyejukkan hati…

  2. Ya, kita semua sangat menyayangkan kejadian itu, sungguh sebuah kejadian yang membaut hati kita menjadi miris, hanya karena nilai uang yang bagi sebagian orang itu tidak seberapa namun justru malah menghilangkan nyawa…tapi itu semua hanyalah jalan mereka menuju kematian, semoga mereka (para korban) diampuni..Amien.

    Se-7. Mudah-mudahan kematian mereka nggak sia-sia, semoga ada hikmah yang dipetik darinya. Semoga juga tidak ada kejadian yang seperti ini lagi…Amien…miris juga sih ngeliat liputannya di TV.

  3. inilah potret buram kemiskinan di indonesia…lagi2 masyarakat miskin jadi korban…

    jangan jadikan kematian mereka sia-sia…ayo ambil hikmahnya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s