High Politic and Low Politic

Engkau mendatangi kami setiap lima tahun sekali. Berharap untuk mendapatkan restu kami. Dalam janji-janji yang kami dengar: engkau akan membawa perubahan. Janji-janji-mu kau ungkapkan dalam pidato, baliho dan beragam acara di radio dan televisi. Ah…

Dan kami terpana. Hati kami terpaut. Pandangan kami mulai merasakan optimisme terhadap masa depan. Kami sudah jenuh dengan keadaan kami. Kami butuh sesuatu. Kami merindukan pemimpin, karena kami hanyalah kumpulan dalam angka. Sebuah grafik tanpa nama.

Tapi sebetulnya kami khilaf. Kami lupa. Bahwa yang kami pandang hanyalah sebuah iklan semata. Simbolisasi yang terbungkus oleh kepentingan-kepentingan tertentu. Kadang benar, kadang samar. Mata kami seharusnya mengetahui bahwa yang kami lihat hanyalah sebuah pesta maya. Proses pencitraan raksaksa yang ditebar di mana-mana. Sebuah low politic. Politik yang mengusung kedangkalan, bukan pencerahan.

Seharusnya kami lebih jeli lagi. Kami seharusnya lebih mengkritisi program. Karena disitulah implementasi visi misi dan karakter kebijakan yang akan dijalankan selama Anda berkuasa. Inilah substansi politik: mengatur berbagai elemen kekuatan melalui serangkaian program guna mensejahterakan basis konstituennya: rakyat. Dan itulah high politic.

Dalam debat pemilihan presiden AS, kami melihat bahwa keduanya menyatakan dan memperjelas proposal program-program yang mereka berikan. Mereka berdebat di area substantif yang jelas. Contohnya : ada perbedaan solusi diantara keduanya untuk masalah ekonomi. Yang menjadi tema perdebatan adalah apakah solusi tersebut adalah sesuatu yang perlu (dan harus) dilakukan pada saat ini. Juga apakah solusi tersebut riil, signifikan dan cukup masuk di akal jika dilakukan. Apa efek sosial dan politis yang terjadi jika langkah itu dilakukan dan sebagainya.

Ah…kami hanyalah angka. Dalam grafik tanpa nama….

Iklan

3 thoughts on “High Politic and Low Politic

  1. tadinya saya bingung apa perbedaan antara high politic dengan low politic. Sekarang aku mulai mengerti, tapi bolehkah saya bertanya? Kang, dalam setiap masalah poltik berarti selalu ada unsur low dan high ya?

    • Menurut anggapan saya benar bahwa ada unsur low dan high dalam politic. Ini tergantung dari persepsi kita yang melihatnya. Nah, cara mendekati-nya menjadi berbeda mengingat perbedaan dari cara pandang itu. Terimakasih karena telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s