Catatan akhir tentang industri kreatif

Sudah saatnya memberi sedikit catatan akhir tahun pada industri kreatif. Sesuatu yang menggeliat dan menjadi primadona (saya kira) untuk tahun ini dan tahun-tahun berikutnya.
Industri kreatif adalah :

“Industri yang berasal dari pemanfaatan kreatifitas, ketrampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut “(Sumber : http://industrikreatif-depdag.blogspot.com/)

Sebagai sebuah industri, kreativitas masih memerlukan ‘tangan-tangan’ yang dapat menyuburkannya. Institusi pendidikan, Pemerintah, perbankan maupun pihak-pihak lain. Sebagai sebuah ’embrio’ ia telah mulai berkembang walaupun masih tumbuh ditanah yang ‘keras dan dingin’. Ini tentu saja patut disayangkan, jika kita melihat sumbangan dari sektor ini.

Sebagai ilustrasi, menurut hasil survei dari Departemen Perdagangan RI 2007, sektor ini telah menyumbang 6,3 % dari PDB. Dalam hal penyerapan kerja, ia memiliki kekuatan untuk menyerap 5 juta tenaga kerja per tahun. Ini baru dalam tingkatan nasional. Di level kota (Bandung), omzet dari industri distro per bulan adalah 25 M dengan total penyerapan tenaga kerja sebesar 30 ribu orang per tahun. Ini (menurut saya) sangat potensial. Sayangnya infrastruktur, regulasi dan perlindungan ketanaga kerjaan masih menjadi masalah. Ini tentu perlu mendapat perhatian agar ia dapat berkembang.

Nah, apakah kita sebagai pendidik, orangtua ataupun masyarakat telah beradaptasi untuk ‘menyambut’ gelombang industri kreatif ini?

Iklan

One thought on “Catatan akhir tentang industri kreatif

  1. pengen banget pak jadi pemaen di dindustri ini,,,lagi mencari peluang..

    harus semangat…pasti nanti ada jalan. Peluang juga tidak selalu harus ditunggu, tapi juga diciptakan loh…makasih commentnya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s