Renungan Akhir Tahun 2008

Rentang waktu yang terbentang di tahun 2008 telah semakin menyempit. Bersama dengan perayaan Natal dan hari raya tahun baru Hijriah, akan kita jelang bersama tahun baru 2008.  Di setiap akhir tahun selalu tersedia 2 pilihan untuk merayakannya: melakukan refleksi diri atau larut dalam gegap gempita perayaan.

Bagi sebagian orang, merefleksikan diri di akhir tahun adalah sesuatu yang penting. Jika kita ingin sejenak melihat ke belakang, kita dapat melihat wajah kita secara lebih arif. Tindakan, situasi-situasi yang berkembang di sekitar kita serta target-target kerja yang telah kita capai hendaknya menjadi sesuatu yang memotivasi kita untuk berbuat lebih baik di tahun depan. Dalam kerangka seperti itulah, tulisan ini hadir.

Secara umum, perayaan natal, hari raya tahun baru Hijriah dan tahun baru Masehi ini menjadi sesuatu yang menarik untuk diperhatikan. Bagi umat Kristiani, perayaan Natal berintikan kedamaian dalam cinta Di dalamnya juga terdapat pesan bahwa agama (dan juga para pemeluknya) seyogyanya turut serta dalam proses tranformasi dari kedamaian pribadi menuju suatu tujuan yang lebih besar: damai sosial.

Pesan yang mirip setidaknya dapat tertangkap pada perayaan hari tahun baru Hijriah kali ini. Peristiwa yang diperingati saat berpindahnya kaum muslim ke Madina ini mengisyaratkan adanya peningkatan dan perpindahan kerangka berpikir, hidup dan spiritualitas yang berubah menjadi semakin baik, harmonis dan terekspresikan.

Jika kita jeli mengamati kedua hal di atas, maka terdapat pengulangan pesan dalam bentuk yang berbeda. Keduanya mengajak kita bertranformasi untuk lebih menjadi berguna bagi orang lain sebagai ekspresi ibadah kita kepada-Nya. Inilah mungkin poin penting yang harus kita renungkan dan sekaligus menjadi tujuan bagi perjalanan hidup kita di tahun baru 2008.

Semoga refleksi sederhana ini menjadi penyemangat kita meraih hal-hal terbaik dalam hidup.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s