The Joy of Giving

Siang itu, di sebuah rumah sederhana , di sebuah gang sempit di wilayah penduduk kota kecil ini. Mata ibu itu berkaca-kaca menahan haru. Mungkin saya, teman saya dan seorang anaknya juga merasakan hal yang sama. Lalu dengan suara bergetar ia mengucapkan, “Terimakasih.” Dan saya – takut keharuan yang sama meruntuhkan saya – berlalu cepat-cepat dengan sebuah senyum ketulusan.

Saya lega. Lega karena fungsi saya sebagai dosen tidak berhenti dalam memfasiitasi para mahasiswa di kelas saja. Ada beberapa di antara mereka yang memerlukan ‘uluran tangan yang lebih’. Dan beruntung, bahwa lembaga kami sangat memfasilitasi hal tersebut.

Di lain sisi, ada sebuah kelegaan dan perasaan yang luar biasa jika kita memberikan sesuatu kepada orang lain. Perasaan yang tidak bisa –secara otomatis- dikonversikan kepada jumlah rupiah yang kita berikan. Mudah-mudahan ini tidak menjadi ri’ya (kesombongan) tetapi menjadi ibrah (pelajaran)bagi yang lain.

Memberi, dengan cuma- cuma sekarang telah menjadai “trend” baru di dunia. Tidak percaya? Lihat saja program Linux. Program yang disebarluaskan secara gratis ini telah menjadi ‘saingan berat’ program Windows di dunia program. Fenomena e-book, e-newspaper maupun e-magazine juga memperlihatkan bahwa apapun yang ‘gratis’ pastinya laris manis.

Motivasinya kadang beragam. Ada yang ingin supaya ‘dagangannya laku’, menghilangkan sebagian besar cost dari product, ataupun membuat programnya menjadi sebuah program standar. Ujung-ujungnya, memang tak ada yang benar-benar ‘free/gratis’. Tapi, tetap saja, hal ini menjadi sebuah keuntungan besar bagi para konsumen. Ada sebuah kebebasan di sana. Juga rasa senang karena telah mendapatkannya dengan ”zero cost”.

Kebahagiaan terbesar, saya pikir adalah membuat orang lain juga berbahagia. Semakin banyak orang yang berbagia, semakin senanglah kita. Kayaknya benar bahwa ‘Anda tidak akan pernah jadi miskin dengan memberi’. Memberi adalah cara kita membahagiakan diri. Untuk sesama dan untuk diri sendiri.

Iklan

One thought on “The Joy of Giving

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s