STUDY TOUR + COMPANY VISIT = JALAN2 SAMBIL STUDI…

mejeng bareng-bareng

mejeng bareng-bareng

“Lagi ngapain, Run?”

“Nggak ngapa-ngapain, di rumah aja. Lagi bosen nih”.

“Ya udah, kita jalan-jalan yuk!”

Kita terkadang (seringkali) merasa bosan dengan rutinitas. Tidak terkecuali (terutama) dengan para mahasiswa dan dosen. Kuliah, tugas, ujian seringkali mengkristalkan sebuah perasaan jenuh yang harus dicari solusinya: jalan-jalan.

Eits, tapi bukan sembarang jalan-jalan lo. Karena saya bekerja di lembaga pendidikan, ada tuntutan untuk melakukan perjalanan yang ada kejelasan manfaat dan maknanya. Jadinya, yah kita namakan ini sebuah program berjudul study tour dan company visit. Di STIESA ini, study tour dilakukan oleh mahasiswa semester I dan company visit dilakukan oleh semester III.

Karena namanya juga beda, focus dan tujuannya juga dibedakan. Kalau study tour dilakukan untuk melihat sebuah tempat usaha yang berbasis komunitas, company visit dilakukan untuk melihat perusahaan yang sudah berskala nasional bahkan internasional. Kalau study tour, kita bakal dikenalkan dengan ide-ide yang “fresh” yang pekat dengan muatan kreatifitas dan idealisme. Sedang pada company visit, kita dikenalkan dengan sisi industry kreatif yang sudah berat warna komersilnya.

Pertama, yuk kita ngobrolin study tour. Study tour kali ini kita lakukan di tempat yang nggak terlalu jauh dengan kota tempat tinggal kita. Cukup sekoprol, dua koprol, sampailah kita ke kota distro dan ibukota Jawa Barat ini (kalau yang koprol raksaksa sih nyampe, kalau kita sampe…sampe rumah sakit). Mirip dengan study tour tahun lalu, kita berkunjung ke Tobucil, sebuah toko buku kecil yang mempunyai semangat untuk memberdayakan komunitas.

Asyik, seru bin rame pastilah kita rasakan ketika kita ngobrol dan berkunjung ke tempat ini. Apalagi ada Mas Wiku yang bertugas menyapa dan memberikan presentasi kepada rombongan mahasiswa berseragam biru-biru ini. Sesudah puas “menyerbu” tobucil, kita langsung….makan. Hahaha….Tapi sesudahnya kita berangkat ke CIC (Ciwangun Indah Camp), sebuah camp yang terletak di wilayah Lembang. Di sini, para peserta langsung “uji nyali” dengan bermain “high-ropes games”: 2 line bridge, v-line dan flying fox (ini bukan tipe firefox yang baru loh..).

Kedua, adalah acara company visit yang kita adakan ke Jakarta. Kunjungan ini kita adakan ke Mizan Publishing. Tapi kita kunjungannya ke MP Book Point aja karena disitu Mizan membuat sebuah toko buku yang punya multi fungsi. Ada meeting room, café, toko buku yang juga bisa dipakai buat diskusi, launching buku dan…kolam renang…hehehe (nggak penting banget kali ye).

Disini kita bertemu dengan salah satu direksi Mizan yang juga bertugas sebagai ketua penerbit Hikmah. Dari beliau, kita mendapatkan banyak hal yang berkaitan dengan buku, cara penulisan serta alasan mengenai gerakan Mizan yang sudah mulai merambah dunia film. Setelah puas di Mizan, baru deh kita semua pada senang-senang di Dufan….asyik!!! Ngeliatin mahasiswa pada nyobain Tornado sampe mual-mual bikin hati senang juga….hahaha….(bercanda ding!). But seriously, there was happy time there.

Eventually, nothing last forever. Semua kegembiraan harus berakhir karena tak ada pesta yang tak pernah usai. Namun sejujurnya, saya yakin bahwa kita membawa sesuatu yang berharga dari setiap perjalanan. Betul nggak? Haha…I love you full.

mejeng di depan MP BOOKPOINT - Jakarta

mejeng di depan MP BOOKPOINT - Jakarta

mejeng depan kampus...deuuh...

mejeng depan kampus...deuuh...

Iklan

5 thoughts on “STUDY TOUR + COMPANY VISIT = JALAN2 SAMBIL STUDI…

  1. salam kenal ka kang bisma… 🙂

    akang blogger subang oge nya?? bade tukeran link sareng abi?
    abi nju milari blogger subang. kanggo tujuan ngenalkn kota subang ka dunia luar…
    😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s