Prita : A Hero (among us)

Waktu kecil, saya (dan juga sebagian besar dari Anda, rasanya) punya cita-cita untuk menjadi pahlawan superhero. Dan karena jaman itu yang paling nge-trend adalah superhero versi Barat, maka gambaran saya tentang superhero adalah seperti Superman, Batman, Spiderman, dll. Superhero adalah seseorang yang mempunyai kekuatan istimewa, hebat, bisa melakukan apa yang orang lain nggak bisa.
Namun seiring dengan waktu, gambaran tentang hero itu berubah. Seorang hero bukanlah orang yang mempunyai kekuatan super, bisa ngangkat mobil, ngejebol tembok (itu mah tukang bangunan juga bisa) dan terbang (ini sih burung juga sanggup). Seorang hero buat saya adalah orang-orang biasa yang mengalami hal-hal yang luar biasa ataupun mampu melakukan perubahan yang luar biasa kepada orang sekelilingnya.
Prita merupakan contoh terkini dari kedua hal ini.

Prita adalah perempuan yang mengalami tindakan “kezaliman” dari institusi kesehatan yang bernama rumah sakit. Dia adalah orang-orang yang sama dengan kita yang melakukan hal-hal diluar batas kebiasaan karena peristiwa yang dialaminya. Keteguhan Prita dalam menjalani proses persidangan selama 1,5 tahun hingga berujung pada pembebasannya merupakan sesuatu yang spektakuler. Dia tidak saja menjadi cermin bagi sebuah kesabaran dan ketabahan dalam berproses tapi juga menjadi prototype bagi sebuah social movement yang berbasiskan persahabatan di dunia maya.
Kualitas seseorang tercermin dari pilihan-pilihan yang diambilnya. Prita, menurut saya, mengingatkan saya untuk hal itu. Bahwa tidak selamanya diam itu adalah emas. Dan bahwa hidup ini bukanlah hidup yang biasa-biasa saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s