Sedih…

Bagi seorang akademisi, tuduhan plagiat merupakan sesuatu yang serius. Bila terbukti benar, ini ibarat tiket pemberhentian terakhir di dunianya. It’s the end of the road and it’s not a pretty one.

Beratnya tuduhan ini memang seimbang dengan moto akademisi yang mengagungkan adanya originalitas ide dalam setiap karya-karyanya. Walaupun benar bahwa there’s nothing new under the sun, tapi sebenarnya akan ada selalu kolaborasi dari ide-ide yang sudah ada ataupun pengembangan/variannya dalam berbagai bentuk.

Bagi seorang pengajar, guru, dosen, tindakan plagiat adalah barang ‘haram’ karena sama saja dengan mencuri. Alih-alih potong tangan, kalangan akademisi punya cara lain untuk menghukum seorang plagiat. Pencopotan gelar, pemberhentian dari institusi pendidikan, penarikan buku adalah beberapa hal yang bisa menimpa seorang plagiat.

Nah, saya sekarang sedang sedih karena salah seorang dosen saya di S1 terkena tuduhan ini. Setelah ngobrol bareng temen yang mengkonfirmasi peristiwa ini lewat Facebook, saya melihat bahwa memang sesuatu telah terjadi dengannya. Sang dosen (sebut saja B) adalah jebolah universitas luar negeri baik di jenjang S2 dan S3-nya. Orangnya baik, dekat dengan mahasiswa dan rajin menulis artikel untuk berbagai koran. Konditenya bagus dan secara pribadi, saya lihat ini bukanlah sesuatu yang bisa terjadi kepadanya secara wajar.

Saya tidak tahu faktor-faktor apa saja yang bisa memicu hal ini. Saya juga tidak tahu motivasi apa yang membuat B menjadi plagiat (jika benar tuduhan itu). Tapi saya merasa bahwa orang perlu diberi hak untuk menjelaskan dan diberi kesempatan kedua. Karena dunia ini tidak pernah jadi sempurna. Sesuatu yang kurang, cacat dan tidak baik justru bisa menjadi pelajaran buat kita agar menghindarinya dan tidak mengikutinya.

God forgive you from time to time on your daily bases, why we as a human can’t?

Tinggalkan Balasan

