BAHAGIA


“Aku ngerasa bahagia kalau bersama teman-teman di sampingku”.

“Aku ngerasa bahagia kalau aku nggak mikirin bahwa aku harus bahagia”.

“Aku ngerasa bahagia kalau aku sedang bekerja, membuat karya dengan tanganku ini”.

“Aku merasa bahagia kalau aku bisa menjadi solusi bagi dunia ini”.

Hujan baru saja selesai mengguyur kota Bandung malam itu. Di sebuah sudut dekat kampus Tamansari, kami –saya dan teman-teman – sedang bersantap malam.  Muka kami tampak agak kuyu mengingat beberapa hari ini kami diganjar tugas secara spartan dari dosen. Dan dibawah tenda yang menyediakan tempat berteduh, kami pun berusaha melepaskan lapar dan lelah itu.

Malam semakin larut. Dan tiba-tiba seseorang melontarkan pertanyaan itu: “Apa sih yang membuatmu bahagia?”. Maka malam pun berubah menjadi sebuah ajang membuka diri. Waktu melambat. Dan entahlah, kesemuanya menjadi begitu klop untuk saat itu: titik-titik hujan yang masih menetes di ujung tenda. Suara pengamen yang sedang bernyanyi sayup di kejauhan. Bau asap dari penggorengan sang pedagang.  Makanan, minuman serta suasana yang menghangatkan.

Setiap orang menginginkan kebahagiaan. Jelas. Tapi kita punya definisi dan cara mengapresiasi yang berbeda tentangnya. Masing-masing merasa bahagia di saat dan tempat yang berbeda dengan alasan yang berbeda-beda pula. Bagai sebuah mozaik, kebahagiaan adalah sebuah kata tempat banyak orang merekatkan pengertian yang berbeda di dalamnya.

Saya jadi merenung sendiri. Apa yang membuat saya bahagia ya? Mungkin malam itu saya menjawab sesuatu yang lain. Tapi saat ini, setelah merefleksikan diri, jawabannya mungkin ini: hal-hal kecil. Saya ingin bahagia dengan hal-hal kecil yang ada dan terjadi di sekitar saya. Saya bahagia karena saya masih bisa melihat suasana mendung di kota ini. Saya bahagia karena saya masih bisa merasakan dingin -yang wow banget- saat ini. Saya bahagia karena telinga saya masih bisa mendengar kicauan burung dan suara radio di tetangga sebelah kost kami. Begitu banyak kebahagiaan kecil-kecil dan hal remeh temeh yang membuat saya merasakan kebahagiaan besar.

Bagaimana denganmu?

Tinggalkan Balasan

